Cari Blog Ini

Senin, 01 November 2010

sertifikasi ISO 9001 : 2000 Unit Rawat Jalan

Ringkasan Fungsi dan Tanggung Jawab Unit-Unit yang Tercakup dalam Sistem Manajemen Mutu ISO-9001:2000 pada unit Rawat Jalan, contoh sertifikasi :



UNIT

RINGKASAN FUNGSI

KEGIATAN SPESIFIK
ISO-9001

KEGIATAN ISO-9001 BERLAKU DI SEMUA UNIT

Kepala Puskesmas







Kepala Tata Usaha



Koordinator Pelayanan Klinik







Koordinator Pelayanan Kes Masyarakat





Unit

Kepegawaian






Unit Logistik




















Koordinator Unit BP Umum











Koordinator Unit BP Gigi











Koordinator Unit KIA/KB

















Koordinator Unit Laboratorium

















Koordinator Unit Obat


















Koordinator RM dan pendaftaran


















Rumah Tangga













-           
-          Berfungsi sebegai penanggung jawab pelayanan puskesmas.
-          Melaksanakan fungsi manajemen.



-           
-          Menkoordinir kegiatan tata usaha,mengatur dan melaksanakan kegiatan surat menyurat

-          Mengkoordinir pelayanan klinik puskesmas,meliputi BP Umum, BP Gigi,KIA/KB,Laboratorium,Obat, dan Imunisasi.melaksanakan pelayanan medis BP umum,melayani kosulasi medis.
-          Mengkoordinir kegiatan PKM, PHN, Gizi, Kesehatan jiwa, UKGM, UKS/UKGS, Usila,P2M, Kesling


-          Melakukan kegiatan kepegawaian, perencanaan jumlah dan jenis pegawai,kenaikan pangkat golongan,pengarsipan surat – surat kepegawaian,melakukan absensi pegawai.

-          Pengelolaan barang – barang logistik yang terdiri dari bahan habis pakai ,alat medis/ non medis dan inventaris,maupun yang disimpan di gudang.

-          Merencanakan kebutuhan barang.Menerima,menyimpan.memelihara,mendistribusikan sesuai kebutuhan tiap bagian

-          menginventaris barang

-          Menjamin mutu pelayanan di unit Logistik sesuai dengan standar yang ditetapkan


-          Menkoordinir pelayanan rawat jalan di BP Umum.meliputi pemeriksaan pasien,peresepan,tindakan medis umum,konsultasi, rujukan dan melaksanakan pelayanan rawat jalan
-          Menjamin mutu pelayanan di BP Umum sesuai dengan standar yang ditetapkan

-          Menkoordinir pelayanan rawat jalan di BP Gigi,meliputi pemeriksaan pasien gigi,peresepan,tindakan medis gigi,konsultasi dan rujukan,melaksanakan pelayanan rawat jalan gigi
-          Menjamin mutu pelayanan di BP Gigi sesuai dengan standar yang ditetapkan


-          Mengkoordinir pelayanan rawat jalan di KIA dan KB,meliputi pemeriksaan pasien ibu hamil, partus dan post partum, tindakan KB, peresepan konsultasi dan penyuluhan ibu hamil, nifas dan KB, tindakanrujukan, melaksanakan pelayanan rawat jalan KIA/KB dan Imunisasi
-          Menjamin mutu pelayanan di KIA dan KB sesuai dengan standar yang ditetapkan



-          Mengelola kegiatan laboratorium, meliputi pemeriksaan laboratorium pasien baik dari rujukan puskesmas sendiri maupun

-          rujukan dari luar puskesmas,melakukan kegiatan pencatatan hasil pemeriksaan

-          Menjamin mutu pelayanan di Laboratorium sesuai dengan standar yang ditetapkan



-          Menkoordinir kegiatan obat puskesmas,meliputi perencanaan obat,penerimaan,penyimpanan pendistribusian ke pustu dan ruang obat,pencatatan dan pelaporan obat,dan pembelian obat.melaksanakan pelayanan obat kepada pasien di ruang obat
-          Menjamin mutu pelayanan di Obat sesuai dengan standar yang ditetapkan





-          Menkoordinir kegiatan di bagian pendaftaran meliputi,pendaftaran pasien,pembuatan kartu pasien,pembuatan dan pengisian status administrasi  pasien, pencatatan register pasien. Melakukan kegiatan di bagian pendaftaran
-          Menjamin mutu pelayanan di RM dan Pendaftaran sesuai dengan standar yang ditetapkan





-          Melaksanakan kegiatan rumah tagga yang menunjang kebersihan, kerapian dan keteraturan penataan lingkungan kerja pada seluruh tempat kerja
      agar dapat mencegah    
      kondisi tidak nyaman
-          Menjamin mutu pelayanan Rumah tangga diseluruh lingkungan kerja sesuai dengan standar yang ditetapkan








Memantau perkembangan/ ke-majuan sistem manajemen mutu dan pencapaian tujuan yang ingin dicapai. Memberi-kan disposisi perbaikan dokumen mutu
Memberikan pembinaan SDM

































Menetapkan sasaran mutu unit
Logistik, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi















Menetapkan sasaran mutu unit
Bp Umum, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi







Menetapkan sasaran mutu unit
Bp Gigi, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi







Menetapkan sasaran mutu unit
KIA dan KB, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi













Menetapkan sasaran mutu unit
Laboratorium, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi













Menetapkan sasaran mutu unit
Obat, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi














Menetapkan sasaran mutu unit
RM dan Pendaftaran, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi













Menetapkan sasaran mutu unit
Rumah tangga, merencanakan pencapaian mutu, melaksanakan pelayanan rawat jalan sesuai standar mutu pelayanan, evaluasi



  Pengendalian arsip
  Pengendalian dokumen SMM
  Penyediaan sumberdaya
  Komunikasi internal
  Struktur organisasi
  Pembuatan job des
  Pengukuran
  Analisa data
  Perbaikan
  Tindakan koreksi
  Tindakan pencegahan
  Pengendalian lingkungan kerja
  Penge- bangan Kompetensi
  Program Pelatihan
  Peningkatan Kesadaran mutu


Tidak ada komentar:

Posting Komentar